Variabel dan Tipe Data pada PHP

variabel pada PHP
Definisi Variabel

Variabel adalah sebuah identitas yang memiliki nilai dan tipe data tertentu. Ilustrasikan bahwa variabel itu seperti gelas, gelas dapat menampung padatan maupun cairan. cairan tersebut dianggap sebagai nilai variabel, dia dapat berupa air, gel, atau cairan lainnya dan jenis cairan tersebut bisa merupakan air minum, soda, bensin, dsb. Jenis cairan tersebut bisa dikatakan sebagai tipe data.

Variabel dalam PHP selalu diawali tanda dollar ($) yang mana berfungsi untuk membedakan variabel dengan teks biasa. Pemakaian tanda dollar ($) ini diharuskan karena merupakan standar
penamaan / deklarasi variabel dalam PHP.

Contoh :
$A = 1; // Menyatakan bahwa variabel A memiliki nilai 1
$nama = "Lucas Podolski"; // Menyatakan bahwa variabel nama memiliki nilai string berupa "Lucas Podolski"


Pada bahasa PHP, variabel dapat dideklarasikan dimanapun letaknya pada skrip yang dibuat. Adapun lingkup dari variabel pada PHP terdiri dari 3 lingkup, yaitu variabel local, global, dan static, Tiga lingkup variabel ini dapat terlihat jika kita telah mengenal Object Oriented Programming (OOP). Untuk pemrograman PHP secara struktural kita hanya akan dikenalkan dengan lingkup variabel global yang mana variabel global ini dapat digunakan oleh banyak fungsi.

Deklarasi variabel seringkali memiliki nilai, nilai suatu variabel selalu memiliki jenis tipe data tertentu. Dibawah ini merupakan penjelasan dari tipe data dari suatu nilai.

Definisi Tipe Data


Anda akan mengetahui beberapa jenis tipe data yang masuk ke dalam lingkup PHP, contohnya adalah tipe data string, Integer, Float, Array, dan Object.

Tipe data string biasanya atau selalu diapit oleh dua tanda kutip ("). contohnya

$A = "10"; atau,
$nama = "Rudi";

Tipe data Integer merupakan tipe data yang terdiri dari bilangan bulat yang memiliki rentang bilangan bulat dari -2.147.483.648 sampai dengan 2.147.483.647.

Tipe data Float merupakan tipe data yang terdiri dari bilangan desimal dan memiliki rentang 1.7x10-308 – 1.7x10308.

Tipe data Array merupakan kumpulan tipe data yang memiliki nilai sama maupun berbeda dan memiliki nilai indeks. Contoh :

$A = Array(1,2,3,4,5);
$Bola = Array("Basket","Sepak","Tenis","Pingpong");

Tipe data Objects merupakan sebuah class yang memiliki satu jenis tipe data atau lebih dan terdiri dari lebih dari satu fungsi atau method. (Dipelajari pada materi OOP).

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

IT REFERENCE