Pengenalan PHP

PHP merupakan akronim dari Perl Hypertext Preprocessor dimana penggunaannya cukup luas dan merupakan aplikasi terbuka atau open source. PHP bekerja di sisi server dan sering kali digunakan untuk memproses data pada formulir HTML. File PHP dapat mengandung tag HTML, CSS, javascript, juga file PHP itu sendiri. Hasil eksekusi PHP yang bekerja di sisi server dikembalikan ke dalam browser berupa file HTML. PHP biasanya mempunyai ekstensi file atau format file berupa *.php.


Fungsi dari PHP itu sendiri adalah untuk membuat halaman web menjadi lebih dinamis dibandingkan dengan hanya menggunakan HTML saja. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh PHP adalah men-create, read, open, write, dan menutup file lewat sisi server. Selain dari itu PHP pun memiliki kemampuan dalam mengumpulkan data, menambah, mengubah, dan menghapus data pada basis data, membuat aturan authentification user (restrict user), juga mengenkripsi data password maupun data yang dikehendaki.

Kenapa harus menggunakan PHP? hal itu mungkin yang sering ditanyakan oleh seseorang yang ingin belajar web programming. PHP merupakan file yang dapat berjalan pada multi platform seperti UNIX, WINDOWS, LINUX, MAC OS X dan lain-lain. Selain dari itu PHP dapat berjalan pada jenis server yang berbeda seperti IIS, Apache, dll. Mempelajari bahasa PHP tidaklah begitu sulit. Struktur standar bahasa PHP adalah dengan tag pembuka <?php dan ditutup dengan tag ?>. Berikut ilustrasi sintaks pada bahasa PHP :


<?php

    // Kode PHP ditempatkan disini ;

?>

Bagaimana cara mengaplikasikan sintaks PHP pada halaman HTML ?

Sintaks PHP dapat ditempatkan di bagian manapun pada halaman HTML, hanya dengan menggunakan tag pembuka <?php dan ?> anda telah dapat mendeskripsikan bahwa anda telah menyisipkan sintaks PHP pada halaman HTML. Berikut contoh implementasi penyisipan sintaks PHP pada halaman HTML.

<!DOCTYPE html>
   <head>
       <title>Aplikasi PHP pertamaku</title><br />
  </head>
  <body>
       <?php echo "Hello PHP";>
 </body>
</html>

Catatan penting : Setiap akhir pernyataan pada sintaks PHP harus diakhiri dengan tanda semicolon (;). Tanda semicolon tersebut mengidentifikasikan bahwa suatu pernyataan itu telah berakhir.

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

IT REFERENCE