Textarea

Fungsi textarea hampir sama seperti text box, hanya saja memiliki lebih dari satu baris. Biasanya textarea digunakan untuk membuat artikel maupun keterangan yang memiliki kosa kata lebih dari satu paragraf. Beberapa atribut yang harus diketahui pada tag <TEXTAREA> antara lain id, name, cols, rows. Fungsi id dan nama pada textarea memiliki fungsi sama seperti textbox yang telah dijelaskan sebelumnya. Perbedaan nyata text box biasa dengan text area adalah
atribut cols dan rows. Cols pada textarea mendeskripsikan jumlah karakter yang dapat ditampung oleh textarea setiap barisnya. Semakin banyak jumlah karakter yang dapat ditampung setiap barisnya maka semakin lebar pula textarea nya. Atribut rows pada textarea menjelaskan jumlah baris yang dapat ditampilkan di layar monitor, semakin banyak rows maka semakin tinggi textarea yang dibuat. Bentuk umum penulisan tag textarea.
  

<textarea  name=”alamat” cols=”45” rows=”5”></textarea>

Berbeda dengan text box, textarea memiliki tag penutup </textarea> dan hasil input dari keyboard akan disisipkan diantara tag pembuka dan penutupnya. Jika diilustrasikan akan menjadi seperti ini:

Source Code :
<textarea name=”alamat” cols=”45” rows=”5”>Jl. Pramuka No 52 Cibubur junction </textarea>

Hasilnya akan tampak seperti berikut ini :

Posting Komentar

Tuliskan komentar anda.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

IT REFERENCE